Sebagai negara berkembang Indonesia sangat membutuhkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan untuk perkembangannya, tetapi tahukah kamu jika salah satu kunci utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan suatu negara itu dari pembangunan infrastrukturnya? Hal ini dikarenakan, proyek-proyek infrastruktur besar seperti pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan dan lainnya menjadi penopang utama dalam upaya meningkatkan konektivitas berupa distribusi logistik yang semakin merata bahkan ke daerah pelosok guna mewujudkan daya saing ekonomi nasional menjadi meningkat.

Sebelum kita membahas lebih lanjut apa korelasi antara optimalisasi pajak dengan pembangunan yang maksimal. Mari kita mengenal apa arti dari pajak itu sendiri, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pajak adalah pungutan wajib, biasanya berupa uang yang harus dibayar oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah sehubungan dengan pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dan sebagainya. Dalam pelaksanaannya, pembangunan infrastruktur membutuhkan banyak dana sehingga menjadi tantangan bagi pemerintah. Lalu, bagaimana cara pemerintah mengumpulkan dana untuk pembangunan? Tak lain dan tak bukan adalah dengan mengoptimalkan sistem perpajakan di Indonesia. Pengoptimalan pajak dapat menjadi sumber pendanaan pewujud keberhasilan proyek-proyek infrastruktur yang adil dan berkelanjutan bagi masyarakat, tanpa menambah beban hutang bagi negara.

Melihat begitu eratnya hubungan antara pajak dengan pembangunan, sudah seharusnya masyarakat mulai meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam membayar pajak, bukan hanya karena kewajiban, tetapi karena kepedulian dan kesadaran sebagai warga negara agar dana pajak yang terkumpul dapat optimal sehingga berbagai proyek infrastruktur nasional yang dibangun dapat terlaksana dengan maksimal. Mengutip Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan jika akan ada 4 sumber utama yang akan menjadi fokus utama pemerintah dalam melakukan optimalisasi penerimaan pajak ditahun 2021, antara lain :

1. Pemungutan pajak atas perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE)
2. Pengawasan dan ekstensifikasi berbasis individu dan kewilayahan
3. Pemeriksaan, penagihan, dan penegakan hukum yang berbasis risiko dan berkeadilan
4. Reformasi perpajakan (proses bisnis, TI dan basis data, SDM, organisasi, dan peraturan
pajak)

Sumber pendanaan proyek pembangunan infrastruktur salah satunya berasal dari APBN yang 70 persennya berasal dari pajak. Tidak dapat dipungkiri lagi, pajak merupakan penopang terbesar APBN kita. Besarnya peranan pajak bagi APBN diharapkan masyarakat dapat sadar dan patuh dalam membayar pajak sehingga tidak menjadi free rider atau orang yang ikut menikmati fasilitas publik, tanpa mau berkontribusi melalui pembayaran pajak.

Memiliki kesadaran dan kepatuhan akan pajak tentu bukan lah hal yang mudah. Namun, hal ini dapat dimulai dari diri kita sendiri dengan menyadari bahwa dengan membayar pajak kita dapat ikut berkontribusi untuk pembangunan negeri kita tercinta, mematuhi sistem perpajakan Indonesia yang menganut sistem self assessment, memberikan kewenangan bagi pembayar pajak untuk menghitung, melaporkan dan membayar sendiri pajak terhutang yang harus dibayarkan. Mari lakukan langkah-langkah pembayaran pajak dengan benar, karena #PajakKitauntukKita

Kesimpulan
Pembangunan infrastruktur dalam pertumbuhan ekonomi berkelanjutan Indonesia sangat penting. Hal itu dikarenakan, infrastruktur menjadi kunci untuk meningkatkan konektivitas dan distribusi logistik, yang mendukung daya saing ekonomi nasional. Namun, dana yang diperlukan untuk pembangunan ini berasal dari penerimaan pajak, yang menjadi sumber utama pendanaan dari APBN. Oleh karena itu, kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak sangat penting untuk memastikan pembangunan infrastruktur yang adil dan berkelanjutan. Dengan meningkatkan penerimaan pajak melalui optimisasi sistem perpajakan, pemerintah dapat memastikan keberhasilan proyek-proyek infrastruktur yang diperlukan bagi kemajuan Indonesia.

Referensi

https://www.pajakku.com/read/5f3b626527128775822385f4/Optimalisasi-Pajak-di-Tahun-2021

https://www.pajak.go.id/id/berita/pemerintah-targetkan-penerimaan-pajak-2023-rp1718-triliun
https://pajak.go.id/id/artikel/pajak-untuk-pembangunan-infrastruktur-negeri

Meita Djohan Oe, Pajak Sebagai Penunjang Pembangunan Nasional di Indonesia, Pranata Hukum, Bandar Lampung, 2010

#LombaArtikel #TaxOlympic2024