Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pajak adalah pungutan wajib, biasanya berupa uang yang harus dibayar oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah sehubungan dengan pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dan sebagainya.

Jika melihat beberapa tahun ke belakang masih dapat kita jumpai kasus pelanggaran tidak membayar pajakl di Indonesia, seperti contoh kasus di Kalimantan Selatan, Pengusaha Batubara yang merugikan sekurang-kurangnya 1 Miliar rupiah dan kasus di Bekasi, dua orang korporasi menjadi tersangka yang diduga merugikan hingga 2,6 Miliar rupiah.

Padahal dalam UU no 16 tahun 2009 jelas tertulis bahwa membayar pajak adalah kewajiban baik tiap individu ataupun sebuah badan. Sanksi yang diterima dari pelanggaran tersebut dijelaskan secara rinci dalam Undang-undang KUP pasal 39 ayat 1, mulai dari hukuman kurungan penjara hingga denda berkali-kali lipat.

 

Lalu, mengapa masih ada orang tidak mau membayar pajak?

Dalam buku berjudul Making People Pay karya Sibichen K Matthew disebutkan beberapa faktor tersebut diantaranya:

1. Merasa tidak mendapat manfaat

2. Kesulitan memahami hukum pajak

3. Pajak yang diselewengkan

4. Khawatir diperiksa & disidak dengan tidak seharusnya

5. Prosedur pajak diangap sangat rumit

6. Mengikuti orang-orang sekitar yang tidak membayar pajak

Apa yang akan terjadi jika kita tidak membayar pajak?

Akibatnya bermacam-macam, namun yang paling utama akan berdampak terhadap APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) karena pendapatan yang seharusnya diogunaklan untuk pembangunan fasilitas umum seperti jembatan, jalan tol, dan bendungan akan terkendala. Selain itu, dikhawatirkan pengangguran akan melonjak naik karena akses pendidikan menjadi terbatas sehingga akan menghambat perkembangan SDM. Semua barang akan menjadi serba mahal karena berhentinya bantuan subsidi berupa energi maupun nonenergi dan mau tidak mau terjadi inflasi maupun deflasi. kestabilan ekonomi yang semula baik-baik saja akan terguncang hebat. Tentunya hal-hal tersebut akan menjadi sangat mengerikan apabila terjadi mengingat menyangkut seluruh rakyat Indonesia.

Kalau begitu, apa yang harus kita lakukan?

Sebagai seorang millenial tentunya kita harus lebih “melek” tentang pentingnya membayar pajak. Mengingat bahwa millenial adalah masa depan penerus bangsa. Hal-hal kecil bisa kita lakukan untuk menghadapi tantangan ini, contohnya:

  1. Edukasi

Edukasi sangat penting terutama untuk orang-orang yang masih awam tentang pentiongnya pajak. Dengan kita memberikan edukasi, kita sama seperti membuka wawasan baru kepada orang lain.

  1. Sosialisasi melalui sosial media

Menggunakan platform media sosial akan menjadi salah satu langkah yang tepat karena di zaman modern ini hampir semua orang mempunyai handphone. Selaion itu, aksesnya yang gampang akan mudah untuk dijangkau banyak orang. 

  1. Mengikuti diskusi publik

Ikut serta dalam forum atau diskusi dapat memberikan pengetahuan-pengetahuan baru kepada orang lain dan diri kita. Kita juga bisa menjadi lebih “update” tentang isu-isu dalam perpajakan.  

Tantangan ini bukanlah hanya persoalan yang dihadapi kaum millenial saja. Melainkan bagi seluruh rakyat indonesia, termasuk pemerintah tak terkecualio. pemerintah juga harus ikut andil untuk membangun kesadaran masyarakat. Pemerintah bisa melakukan beberapa hal seperti:

  1. Membangun kepercayaan masyarakat terhadap instansi pajak

Banyak masyarakat hilang kepercayaan dengan oknum-oknum dari instansi pajak yang diduga melakukan tindak korupsi yang nilainya tidak sedikit. Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat pemerintah harus mulai menindak para oknum dan memberikan sanksi yang layak dan sesuai.

  1. Memberikan kemudahan dalam membayar pajak 

Prosedur untuk membayar pajak dianggap merepotkan menurut masyarakat karena harus melewati proses yang banyak dan rumit. Jika dipermudah, akan lebih banyak orang yang sukarela membayar pajak.  

  1. Sanksi yang lebih tegas 

Sanksi yang diberikan sebaiknya harus lebih tegas supaya tidak ada yang berani untuk mencobanya dan dipastikan memberikan efek jera untuk para pelakunya.

Tantangan membangun kesadaran masyarakat dalam membayar pajak adalah tanggung jawab bagi tiap orang. Bukanlah hal yang mudah tentunya. jadi kita harus bersama-sama mengatasi tantangan ini. Tiap kontribusi yang kita buat untuk membangun kesadaran akan sangat berharga untuk aku, kamu dan kita semua.

Referensi

OCBC. (2023). Apa itu Pajak? Kenali Pengertian, Manfaat, Fungsi & Jenisnya

DTTC News. (2020). Pemerintah, Mengapa Saya Harus Bayar Pajak

Kapz Consulting. (2021). 5 Akibat yang akan terjadi jika tak membayar pajak

Kompasiana (2021). Bagaimana Cara Meningkatklan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pentingnya Pajak?

#LombaArtikel #TaxOlympic2024