Pada tanggal 05 Maret 2024, Tax Center Binus bekerja sama dengan Direktorat Jendral Pajak (DJP) menghadiri kegiatan sit in mata kuliah Character Building: Kewarganegaraan yang bertempat ruang 703 lantai 7 BINUS Kemanggisan @Anggrek kampus. Ibu Dian Anggraini Kusumajati selaku SCC Character Building: Kewarganegaraan membawakan materi mengenai sadar pajak pada kelas tersebut. Kelas tersebut dihadiri oleh Ibu Mahda Karina, S.E., M.Ak. selaku lecturer specialist taxation program beserta tiga perwakilan dari Direktorat Jendral Pajak (DJP). Perwakilan dari Direktorat Jendral Pajak (DJP) yang ikut hadir adalah Bapak Herman Setyawan, S.E., M.M. selaku penyuluh pajak ahli madya, Bapak Dian Jatmiko Adhi, S.S.T. selaku penyuluh pajak ahli muda, dan Bapak Muhammad Mahiddin, S.E., M.M. selaku penyuluh pajak ahli pertama serta para mahasiswa yang hadir pada kelas tersebut.

Materi ‘Sadar Pajak’ dibawakan dengan tujuan memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang hal terkait pajak. Setidaknya, mahasiswa dapat sadar tentang pentingnya membayar pajak sebagai warga negara yang baik. Selain itu, dengan hadirnya para perwakilan dari pihak Direktorat Jendral Pajak (DJP), para mahasiswa diharapkan dapat mendapatkan informasi yang lebih jelas dan akurat melalui sesi tanya jawab yang diadakan.

Perkenalan Petugas Kanwil DJP JakBar
Sesi Tanya Jawab

Kegiatan dimulai dari pukul 09.20 lalu para tamu undangan menuju ke depan kelas dan memperkenalkan diri. Kemudian dosen menjelaskan pembukaan sekilas tentang materi hak dan kewajiban warga negara yaitu pajak. Topic dimulai dari penjelasan apa itu pajak, sifat pajak, alasan kenapa kita diwajibkan untuk membayar pajak. Dari sana, dosen membuka ruang bagi para mahasiswa untuk bertanya terkait perpajakan yang belum mereka mengerti, kemudian ada beberapa mahasiswa yang bertanya terkait pajak lalu terjadi tanya jawab dan diskusi bersama. Ada beberapa mahasiswa bertanya mengenai pajak PPh 21 sampai dengan PPh 26 untuk pengenaan WP  WNA/WNI. Bapak DJP menjawab pertanyaan mahasiswa dengan sangat lancar terperinci sampai menjelaskan dampak jika kita tidak membayar pajak bisa berdampak kemajuan negara Indonesia. Setelah itu dosen memberikan tugas kepada mahasiswa/i untuk melakukan quiz via quizizz yang dilakukan serentak tentang materi perpajakan. Setelah selesai, para tamu undangan membuka qna untuk terakhir kalinya sebelum berpamitan lalu meninggalkan kelas. Kemudian para anggota tax center mengikuti keluar kelas dan dosen melanjutkan materi kelas tsb.

Sesi Foto Bersama